Sumber Gambar: Google Images |
Jika kita tidak
mau ketinggalan oleh para pebisnis online lainnya untuk mendapatkan konsumen,
maka kita harus melakukan terobosan-terobosan dalam menjalankan aktivitas
berjualan. Setiap pebisnis yang menjalankan e-comerce pasti akan selalu
melakukan hal yang sama supaya tetap bisa bersaing dengan pebisnis online
lainnya.
Perkembangan bisnis online yang begitu pesat akhir-akhir
ini, mau tidak mau kita harus mampu bersaing dengan yang lainnya. Ada banyak
cara yang bisa kita terapkan untuk memaksimalkan penjualan online kita. Sebentar lagi
akan dijelaskan tips-tips sederhana yang bisa kita terapkan untuk mendongkrak
atau meningkatkan penjualan online kita.
Baca artikel lainnya : Sudah Terbukti ! Internet Bisa Melambungkan Bisnis Kita Sampai 500%
Baca artikel lainnya : Sudah Terbukti ! Internet Bisa Melambungkan Bisnis Kita Sampai 500%
Fokuskanlah Hanya Kepada Satu Produk Atau Jasa. Apakah Anda selama
ini menjual beberapa produk atau beberapa jasa di toko online Anda ? jika iya,
apakah strategi yang selama ini Anda terapkan sudah benar-benar teruji dan
sudah efektif untuk Anda ? padahal sudah banyak dibuktikan bahwa menawarkan
produk yang sedikit dalam satu toko online akan meningkatkan penjualan yang
lebih tinggi. Ini tentang focus bisnis. Mungkin kita berpikiran ingin membuat
senang semua orang yang berkunjung ke tok o online kita, dengan menyiapkan
berbagai macam produk, padahal itu adalah sebuah kesalahan.
Contohnya jika toko online Anda menjual tas, maka fokuslah
untuk menjual tas jangan mencampurnya misalnya dengan sepatu. Mencampur produk
akan mengurangi focus Anda yang menyebabkan konsumen kurang terlayani dengan
baik.
Fokuslah Kepada Pengunjung Toko Online Anda. Ada banya
pemilik e-comerce yang banyak melakukan kesalahan. Misalnya melakukan promo
besar-besaran tapi tidak focus kepada konsumen. Rata-rata mereka para pebisnis
online hanya focus kepada dirinya sendiri. Contoh sederhananya banyak
menggunakan kata-kata ‘’saya’’, ‘’kita’’, ‘’kami’’ dalam mempromosikan produk
atau jasanya.
Lebih baik kata-kata tersebut kita ganti menjadi ‘’Anda atau
kamu” karena kata tersebut akan lebih mengesankan bahwa Anda senang melayani
konsumen, sedangka bila memakai kata ‘’saya atau kami’’ akan kelihatan egois
untuk menawarkan kepada konsumen untuk membeli.
Kurangilah Ajakan Untuk Membeli. Meskipun tujuan Anda
membuka toko online untuk menjual produk atau jasa, tapi sebaiknya jangan
banyak-banyak mengajak pengunjung untuk membeli. Karena kebanyakan orang
berkunjung ke suatu website untuk mencari informasi yang gratis. Usahakan saja
bagaimana pengunjung bisa tertarik kepada produk atau jasa Anda dahulu. Jika kita
terlalalu banyak melakukan penawaran atau ajakan untuk membeli, maka Anda akan
kehilangan konsumen sebelum mereka melakukan pembelian.
Cobalah untuk menghilangkan kata-kata untuk ‘’membeli. Biaya
dan penjualan’’. Pada toko online atau website Anda. Yang harus diingat, soal
ini tidak akan serta merta membuat pengunjung membeli produk atau jasa Anda. Namun
akan meningkatkan kenyamanan para konsumen yang bukan tidak mungkin akan
melakukan pembelian.
Tingkatkanlah Daya Tarik Produk Atau Jasa Anda Dengan
Gambar-gambar. Kekuatan gambar ini tidak bisa diremehkan dalam proses branding
suatu produk atau jasa. Gambar yang ada ditoko online Anda akan membuat seperti
lebih nyata. Ini adalah keuntungan untuk Anda jika konsumen memandang website
e-comerce Anda kelihatan nyata.
Gambar yang jelas dan kualitas yang bagus, akan semakin
membuat para konsumen percaya terhadap bisnis Anda. Jika demikian maka
kepercayaan dari konsumen otomatis akan semakin meningkatkan penjualan.
Baca juga artikel lainnya : Cara-cara Paling murah dan gratis Untuk Mempromosikan Bisnis Anda
Baca juga artikel lainnya : Cara-cara Paling murah dan gratis Untuk Mempromosikan Bisnis Anda
Yakinkanlah Konsumen Anda Bahwa Mereka Butuh Untuk Membelinya Sekarang.
Hal ini sangat penting sekali demi meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda. Tanamkan
rasa urgensi kepada konsumen terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ada cara-cara
yang bisa Anda lakukan untuk membuat konsumen merasa perlu atau merasa rugi
jika tidak membelinya. Inilah beberapa cara yang efektif untuk membuat rasa
urgensi bagi konsumen Anda.
Memberi diskon harga dengan waktu yang dibatasi, dimana
konsumen harus membeli sebelum tanggal tertentu supaya memenuhi syarat untuk
mendapatkan diskon.
Tambahkanlah bonus dan juga tambahan gratis jika pengunjung
Anda membeli dalam jangka waktu tertentu.
Hanya menawarkan sejumlah produk atau jasa dengan edisi
terbatas.
Menawarkan bonus dengan jumlah terbatas.
Cara-cara diatas bisa Anda terapkan, dan telitilah mana yang
paling berefek terhadap toko online Anda, dan bisa juga Anda gabungkan cara-cara tersebut. Semoga bermanfaat
bagi Anda yang sedang atau akan menjalankan bisnis online.