Image by : Google Images |
Membuat atau memproduksi suatu produk itu sangat mudah, yang
sulit adalah memasarkan produk tersebut sampai mandapatkan penjualan yang
sukses besar, itu merupakan tantangan tersendiri bagi para pengusaha untuk bisa
membuat bisnisnya bertahan. Paham terhadap kondisi pasar adalah kunci utama
agar bisnis tersebut bisa bertahan dan mendapatkan penjualan dan pelanggan,
tapi pemasaran yang hebat dan instan akan memakan banyak uang, waktu dan
tenaga.
Bagi perusahaan yang besar soal mungkin biaya bukanlah
masalah. Beda lagi dengan para calon pengusaha pasti akan mengalami kesulitan
dalam hal keuangan, lantas bagaimana caranya supaya bisa mempromosikan
bisnisnya dengan biaya yang seminimal mungkin bahkan gratis ? Di dalam tulisan
ini akan di jelaskan bagaimana mempromosikan bisnis dengaan sedikit modal
bahkan nyaris tanpa modal.
1.Buatlah kesadaran local. Beriklanlah melalui sebuah blog
atau website. Beriklan melalui sebuah blog atau website atau juga Koran yang
local penting sekali supaya bisnis Anda cepat dikenal oleh orang banyak.
Apalagi sekarang adalah zamannya internet dan bisa di akses dimana saja dengan
cepat dan mudah. Sekarang sudah banyak perusahaan yang besar menggunakan
marketing yang mahal, tapi bagi Anda yang masih memiliki usaha yang masih belum
besar, pakailah cara yang sederhana ini.
Contohnya bila Anda berbisnis dibidang bergerak dalam bidang
kesehatan wajah misalnya, pasarkanlah bisnis Anda melalui sebuah blog, bisa
menggunakan blog yang gratisan saja dulu, temanya tentang kesehatan, dan untuk
medapakan pengunjung yang banyak pilihlah satu niche blog yang terpeting blog
Anda itu harus informatif untuk dapat mendatangkan pengunjung yang banyak.
2.Jagalah pelanggan dengan email. menggunakan Email adalah
salah satu tehnik paling baik untuk memasarkan bisnis Anda. Dapat membantu kita
untuk menjaga pelanggan Anda agar tidak lewat begitu saja di blog Anda, dengan
email juga kita bisa membuat suatu komunitas yang bukan tidak mungkin akan
menjadi besar, dengan email kita bisa mengirimkan informasi terbaru dalam blog
Anda. Dengan cara seperti ini blog atau bisnis Anda yang dipromosikan secara
online akan terpatri dalam benak mereka. Anda sebagai pengusaha tidak perlu
membayar para konsultan yang mahal untuk pemasaran bisnis Anda.
3.Pengruhilah orang dengan media social. Media social adalah
sangat potensial bagi Anda para pengusaha dan calon pengusaha. Apalagi negara
kita tercatat masyarakatnya sebagai pengguna internet terbesar. Jadikanlah ini
kesempatan untuk segera mamulai usaha karena ini sangat mudah. Salah satu
kesulitannya adalah bagaimana akun social media Anda mendapatkan banyak
pengikut.
Dan untuk memasarkan bisnis Anda melalui media social. Anda
harus berkonsentrasi bagaimana meningkatkan para pengikut Anda dimedia social.
Buatlah postingan yang bagus-bagus di blog Anda dan kreatiflah mengemas produk
Anda dan buatlah artikel yang bermanfaat, tapi jangan melakukan spam karena ini
akan mengganggu para pengguna media social.
4.Jagalah komunikasi Anda dengan pelanggan.Jika Anda sudah
melakukan ketiga hal diatas tadi sperti membuat sebuah website atau blog yang
keren, membuat mailing list dan media social. Anda harus terus menjaga
komunikasi.dengan para pelanggan, atau pengunjung blog Anda. Karena hal
tersebut Anda akan memberikan kenyamanan kepada para pelanggan agar pelanggan
Anda pun akan nyaman.
Seandainya mereka curhat tanggapilah curhatan mereka dengan
baik. Pemasaran sangatlah penting bagi bisnis besar apalagi bisnis yang masih
kecil untuk untuk melejitkan sebuah brand, tapi masih banyak cara-cara yang
murah bahkan tanpa biaya, salah satunya adalah cara-cara yang sudah diungkapkan
diatas. Pembisnis yang cerdas adalah yang pintar melihat situasi pasar dan
perkembangannya. Apalagi saat ini serba gratis salah satu contohnya adalah
dalam media social. Manfaatkanlah fasilitas tersebut semaksimal mungkin.