Skip to main content

Ketiga Orang Sahabat Ini Bangun YouTube di Garasi

Ketiga Orang Sahabat Ini Bangun You Tube di Garasi
Image by : Google Images
Ketiga Orang Sahabat Ini Bangun YouTube di Garasi. Web video sharing paling populer YouTube dilego ke Google, Chad, Chen dan Karim sebagai pendirinya menjadi kaya raya. Mereka menjadi milyarder setelah transaksi US$1,65 milyar. Padahal para mantan karyawan PayPal ini hanya memulai menghidupkan YouTube di sebuah garasi.

YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, Tv, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player. Menurut perusahaan penelitian internet Hitwise, pada mei 2006 YouTube YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.

Artikel lainnya : Cara Sukses Untuk Bermain Adsense Melalui YouTube

Pada 16 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google Inc dengan harga US$ 1,65 miliar. Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja.

Dampak sosial dari YouTube terlihat dari munculnya banyak artis dadakan. Didunia Internasional, artis berbakat Justin Bieber melambung namanya berkat video yang di unggahnya di YouTube. tak terkecuali juga di Indonesia ada beberapa artis yang namanya melambung berkat video yang diunggah di YouTube.

Chad Hurley, Steve Shih Chen, dan Jawed Karim

YouTube didirikan pada 14 Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley berkewarganegaraan Amerika Serikat, Steve Shih Chen berkewarganegaraan Taiwan, dan Jawed Karim berkewarganegaraan Jerman. Ketika YouTube ditemukan, Chad berusia 28 tahun, dan pernagh belajar design di Universitas Indiana Pennsylvania. Sementara saat itu Chen berusia 27 tahun dan Karim berusia 26 tahun sama-sama pernah belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign.

Chad Hurley -Chad Meredith Hurley (lahir 1977) adalah pendiri dan sebagai Chief Executive Officer dari YouTube. Pada bulan Juni 2006, ia terpilih sebagai salah satu dari daftar 50 orang yang berpengaruh'' menurut bisnis 2.0. Hurley bekerja di \PayPal, salah satu tugasnya terlibat merancang logo asli PayPal sebelum memulai YouTube dengan sesama rekannya Steve Chen dan Jawed Karim. Hurley terutama bertanggung jawab untuk membuat YouTube menjadi salah satu website yang sering di kunjungi, dan menyediakan miliaran video keseluruh dunia. Chad adalah anak tengah dari Don dan Joann Hurley, dan dibesarkan didekat Birdsboro, Pennsylvania. Dia memiliki dua saudara kandung, seorang kakak perempuan, Heather, dan adik, Brent. Sejak kecil, Chad menunjukkan minat ekstrim dalam seni, tetapi kemudian menjadi tertarik pada komputer dan media elektronik selama sekolah tinggi.

Chad adalah seorang pelari yang menonjol untuk cross country Program Twin Valley Sekolah Tinggi, yang memenangkan dua gelar dari Negara yang PIAA dengan dia sebagai anggota pada tahun 1992 dan 1994. Chad juga anggota Himpunan Mahasiswa Teknologi selama sekolah tinggi. Dia lulus dari Sekolah Tinggi Twin Valley, Elverson pada tahun 1995 dan melanjutkan untuk menerima gelar BA Seni Rupa dari Indiana University of Pennsylvania pada tahun 1999. Hurley menikah dengan Kathy dan mereka memiliki dua anak.

Steve Chen - Steven Shih "Steve'' Chen, kelahiran Taipei, Taiwan, Agustus, 1978 adalah seorang pengusaha internet Taiwan-Amerikadan merupakan salah satu pendiri YouTube. Ketika ia berusia 8 tahun, ia dan keluarganya bermigrasi ke Amerika Serikat. Chen adalah seorang karyawan PayPal, dimana ia bertemu Chad Hurley dan Jawed Karim. Chen menjabat sebagai Chief Technology Officer di YouTube, Chen juga pada awalnya pernah bekerja untuk Facebook, meskipun setelah beberapa bulan ia kemudian keluar untuk memulai YouTube. Pada bulan Juni 2006, Chen disebut juga oleh bisnis 2.0 sebagai salah satu dari ''daftar 50 orang yang berpengaruh''

Ketika YouTube diakuisisi Google, Chen menerima 625.366 lembar saham Google dan 68.721 tambahan dan dipercaya sebagai bagian dari penjualan. Saham Google yang ia terima adalah senilai $ 350.000.000 di Google 30 Oktober 2007 pada penutupan harga saham. Chen telah terdaftar sebagai salah satu dari 15 ilmuwan Asia To Watch oleh Majalah Scientist Asia pada tanggal 15 Mei 2011.

Jawed Karim adalah salah satu pendiri situs YouTube. Banyak komponen inti dari PayPal, termasuk real-team sistem anti-penipuan, juga dirancang dan dilaksanakan oleh Karim. Karim lahir di Jerman Timur, tetapi melintasi Tembok Berlin dan besar di Jerman Barat. Karim pindah ke Amerika Serikat bersama keluarganya pada tahun 1992, dua tahun setelah reunifikasi Jerman. Karim lulus dari Sekolah Menengah Atas di Minnesota dan kuliah di University of Illinois di Urbana-Champaign. Dia meninggalkan kampus sebelum lulus, menjadi seorang karyawan di PayPal dan kemudian mendapatkan gelar Bachelor of Science dalam ilmu komputer pada tahun 2004.

Ketika bekerja di PayPal, ia bertemu Chad Hurley dan Steve Chen. Tiga sahabat itu kemudian mendirikan situs berbagi video YouTube pada tahun 2005. Video pertama YouTube, diupload oleh Karim pada tanggal 23 April 2005. Setelah mendirikan perusahaan dan mengembangkan konsep YouTube dan situs web dengan Chad Hurley dan Steve Chen, Karim terdaftar sebagai mahasiswa pascasarjana ilmu komputer di Universitas Stanford dan bertindak sebagai penasihat di YouTube. Ketika YouTube diakuisisi oleh Google, Karim menerima 137.443 lembar saham, senilai sekitar $ 64.000.000 berdasarkan harga penutupan Google pada saat itu. Pada Oktober 2006, Karim memberikan kuliah tentang sejarah YouTube di Universitas Konferensi tahunan ACM Illinois berjudul YouTube: Dari konsep ke Hyper-pertumbuhan bahan kuliah juga berisi gambar dan video dari Karim, Hurley, dan Chen.

Karim kembali lagi ke University of Illinois pada Mei 2007 sebagai pembicara di Universitas, dimana ia menjelaskan jalan karirnya. Karim telah meluncurkan dana ventura disebut Ventures Youniversity, dengan tujuan membantu mahasiswa untuk mengembangkan dan meluncurkan ide-ide bisnis mereka. Karim lahir di Merseburg, Jerman Barat pada tahun 1980. Ayahnya, Naimul Karim, adalah peneliti Bangladesh. Ibunya, Christine Karim, adalah seorang ilmuwan Jerman dan profesor riset biokimia di University of Minnesota. Nama ''Jawed'' adalah asal dari bahasa Persia Lama berarti ''kekal''

Situs Favorit Pengunjung

Mengapa YouTube begitu popule? Paling tidak ada beberapa alasan. YouTube adalah situs video. Ia dirancang khusus untuk hanya menjadi situs video. Karena fokus, YouTube sanggup memberi fasilitas yang memudahkan penggunanya ; video favorit, link, playlist sampai grup sesama anggota untuk ajang diskusi. YouTube, karena dibangun oleh anak muda, juga bercitra pemberontak. Situs ini memiliki video-video dengan hak cipta yang bisa dilihat gratis. Percaya atau tidak, justru membuat situs ini makin menarik dikalangan penggemar video.

Seperti semangat pemberontakan yang diusungnya, YouTube memang bermula dari usaha kecil di sebuah kantor sementara di garasi. Pada November 2005, Sequoia Capital, menginvestasikan US$ 3,5 juta. Lalu Roelof Botha, mantan CFO PayPal, begabung dengan jajaran direksi YouTube. Pada April 2006 Sequoia menambah investasi US$ 8 Juta. Saat itu YouTube tengah mencapai kesuksesan dan pertumbuhan yang pesat. Nama domain ''YouTube.com'' sendiri diaktifkan pada 15 Februari 2005 dan pada bulan-bulan berikutnya website mulai dibangun. Mereka mempublikasikan preview dari website pada Mei 2005 atau 6 bulan sebelum launching secara resmi.

Baca juga : Fakta-fakta Tentang Bisnis Online Yang Harus Kita Ketahui

Pada musim panas 2006, YouTube menjadi salah satu website terpesat pertumbuhannya, dan ditempatkan Alexa sebagai website terpopuler ke-5, jauh melebihi pertumbuhan MySpace. Menurut sebuah tinjauan 16 Juli 2006, 100 juta video clip dikunjungi setiap hari di YouTube, dengan tambahan 65.000 video baru diupload setiap 24 jam. Kini YouTube adalah situs ketiga yang paling banyak dikunjungi.

Sukses YouTube bukan tanpa rintangan. Website ini telah disensor beberapa kali di beberapa negara karena berbagai alasan. Negara-negara yang pernah memblokir  YouTube adalah Arab Saudi, Armenia, Brasil, Indonesia, Iran, Maroko, Pakistan, Republih Rakyat Cina, Suriah, Thailand, Turki dan Uni Emirat Arab. Begitupun, YouTube memungkinkan siapa saja dengan koneksi internet untuk mengunggah dan berbagi video menjadi salah satu bagian yang penting dalam kultur berinternet.

Sumber Artikel : Majalah Bisnis Elshinta

Popular posts from this blog

Inilah Para Miliader Yang Mencapai Kesuksesan Diatas Usia 30 Tahun

Image by : Google Images Inilah Para Miliader Yang Mencapai Kesuksesan Diatas Usia 30 Tahun. Sebenarnya untuk menjadi orang yang sukses itu bukan dilihat dari latar belakangnya dan juga tidak memandang usia. Siapapun Anda dan juga berapapun usia Anda, jika mempunyai komitmen untuk  sukses, berjuang dan bekerja keras tak kenal lelah, maka Anda akan mencapai kesuksesan yang selama ini Anda dambakan. Dan untuk mencapai sebuah kesuksesan Anda harus punya prinsip yaitu tidak ada kata terlambat untuk memulai langkah awal demi sebuah kesuksesan. Jadi jika Anda pada saat ini dalam usia berapapun, jika mempunyai keinginan yang kuat untuk meraih kesuksesan, maka Anda harus segera action. Karena peluang untuk sukses itu masih terbuka lebar sampai kapanpun juga, selama Anda masih mau berusaha dalam sisa hidup yang masih diberikan. Artikel lain :  Sakichi Toyoda Kesuksesan Di Balik Toyota Yang Berawal Dari Mesin Pintal Cerita atau sukses orang-orang yang telah berhasil mencapai ke

4 Tahapan Dalam Perkembangan Sebuah Blog Baru Menjadi Blog Yang Besar

Image by : http://purnamaseo.blogspot.co.id 4 Tahapan Dalam Perkembangan Sebuah Blog Baru Menjadi Blog Yang Besar. Mungkin Anda pernah mendengar atau membaca kisah seorang blogger yang sukses memperoleh puluhan dolar, ratusan dolar bahkan sampai bisa memperoleh ribuan dolar dalam setiap bulannya hanya dari sebuah blog yang dikelolanya ? Saya sendiri juga mengakui bahwa sampai saat ini menekuni dunia blogging adalah ingin meraih kesuksesan seperti para blogger yang sudah lebih dulu menekuni dunia blogging dan sukses :) Jika memang Anda juga ingin sukses dalam dunia blogging, artikel kali ini mungkin bisa menambah wawasan Anda yang ingin memperoleh penghasilan dari kegiatan blogging. Mungkin diatara Anda ada yang sudah lama menekuni dunia blogging, tetapi sampai saat ini masih belum bisa memperoleh berpenghasilan dari blog yang Anda kelola, mungkin juga Anda merasa putus asa dan ingin berhenti ditengah jalan. Saran saya teruskanlah perjuangan Anda jangan menyerah karena sudah ba

Tips-Tips Sederhana Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Meraih Kesuksesan Yang Besar

Sumber Gambar : http://www.wajibbaca.com Tips-Tips Sederhana Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Meraih Kesuksesan Yang Besar. Pasti kita semua sudah mengetahui berbagai macam tips dan trik tentang bagaimana kita bisa mencapai sebuah tujuan. seperti contohnya dalam hal keuangan setiap kita pasti sudah mempunyai cara-cara masing-masing untuk mencapai sebuah tujuan. Artikel lain :  Rahasia Jalan Menuju Kebahagiaan Dan Keberhasilan Dalam Hidup Kebanyakan orang untuk mencapai impiannya mereka umumnya bekerja keras sampai pada tujuan yang di impikan. tapi perlu kita ketahui bahwa untuk mencapai kesuksesan kita juga bisa mempraktekan cara-cara yang sederhana seperti yang telah dilakukan oleh orang-orang yang sukses yang ternyata mereka hanya menerapkan tips-tips sederhana dalam kesehariannya. Dibawah ini akan dibahas beberapa tips sederhana untuk mencapai kesuksesan, jadi teruslah membaca : #1. Bekerja Cerdas Tips sederhana supaya kita bisa mencapai kesuksesan yang selama ini dii