Skip to main content

Pendiri Retail Dunia Yang Berawal Dari Tukang Koran

Pendiri Retail Dunia Yang Berawal Dari Tukang Koran
Image by : Google Images
Pendiri retail dunia yang berawal dari tukang koran.Besar di keluarga yang kurang mampu saat depresi hebat melanda Amerika tidak membuatnya menyerah.Sam Walton yang berasal dari keluarga petani ini menyadari bahwa kerja keras dan hemat adalah salah satu jalan untuk keluar dari kemiskinan ! kerja keras tukang koran, menjadi pendiri perusahaan retail terbesar di dunia.

Dilahirkan dari keluarga yang kurang berkecukupan, menjadikan Walton harus bisa membantu dalam mencukupi kebutuhan keluarga.Kedua orang tuanya yang bernama Thomas Gibson dan Nancy Walton bertempat tinggal di lingkungan pertanian, ayahnya Sam menyimpulkan bahwa hasil dari pertaniannya tidak bisa lagi mencukupi kebutuhan keluarga.

Artikel lain : William Edward Boeing Pedagang Kayu Rakit Ribuan Boeing

Ia lantas menekuni kembali profesinya yang dulu yaitu sebagai salesman real estate dan asuransi. Sedangkan Nancy mencoba membuka bisnis produk susu skala lokal. sedangkan Sam menjadi seorang pengantar surat kabar hingga sampai menjadi pemerah sapi dan menjual susunya.

Sam memutuskan untuk kuliah berharap menemukan cara yang lebih baik untuk mendukung keluarganya. Ia kuliah di Universitas Missouri di Columbia sampai meraih gelar sarjana jurusan bisnis pada tahun 1940. Setelah menyelesaikan kuliahnya, Sam mendapat tawaran magang untuk menjadi manajer di toko J.C. Penny-terutama oleh falsafahnya tentang pelayanan pelanggan, yang membuatnya mendapat tawaran tersebut.

Tapi, tidak lama ia mengundurkan diri tahun 1942 dikarenakan bergabung dengan militer pada Perang Dunia II. untuk sementara waktu Sam bekerja di pabrik amunisi DuPont dekat Tulsa, Oklahoma. Kemudian ia mulai aktif dengan US Army Corps di bidang intelijen, bertugas mengawasi keamanan pabrik pesawat dan kamp tawanan perang.

Dalam tugasnya ini Ia ditempatkan di Fort Douglas Salt Lake City, Utah dan mencapai pangkat Kapten. Tahun 1945, setelah meninggalkan militer dengan bantuan pinjaman $ 20.000 dari ayahnya dan ditambah $ 5.000 dari tabungannya, Sam membeli sebuah toko Ben Franklin di Newport, Arkansas yang merupakan bagian dari waralaba Butler Brothers.

Dari pengalaman inilah yang membuat pria kelahiran 29 Maret 1918 di Kingfisher, Oklahoma ini, sangat memperhatikan bagaimana proses membuat pelanggannya puas. ''Saya tidak memulai sebagai bankir atau investor, atau melakukan hal lain selain melayani pelanggan. Banyak orang yang belum pernah mendengar bunyi dering mesin hitung, menjalankan perusahaan besar. Mereka juga belum pernah melayani pelanggan. Saya selalu menghargai apa arti menjadi pelayan toko dan sebesar apa seorang salesman bisa mempengaruhi pelanggan dalam hubungan bisnis''. Itu ungkapan Sam disebuah majalah perusahaan Wal-Mart World.

Setelah sukses menjalankan perannya sebagai franchisee, Sam mendapatkan tekanan dari tuan tanah, P.K Holmes, pemilik lokasi gerai Franklin yang dimilikinya, Holmes ternyata tidak mau memperpanjang kontrak. Akhirnya, Sam menjual semua gerai miliknya dan memutuskan untuk membuka gerai retailnya sendiri.

Pada tahun 1962 Sam mendapat ide membuat toko yang lebih besar di area pedesaan dan menawarkan produk dengan harga murah serta diskon besar. Inilah cikal bakal berdirinya Wal-Mart. Setelah sekian lama menjalankan kedai franchise, Walton pada tanggal 2 juli 1962 di Bentonville, Arkansas, mendirikan Walmart Discount City.

Dengan menawarkan produk yang berharga murah, pada titik tertentu Sam Walton membuat keputusan untuk mencapai volume penjualan yang lebih tinggi dari pesaingnya dengan mengurangi marjin keuntungan. Terinspirasi oleh keberhasilan rantai toko diskon, Sam membuka toko pertama dalam rantai diskon miliknya di Rogers, Arkansas pada 1967 dengan nama Walmart.

Perusahaan ini mampu tumbuh mencapai 24 toko diseluruh bagian Arkansas dan mencapai penjualan 12,6 juta dolar. Setahun berikutnya perusahaan ini mampu membuka toko pertama diluar Arkansas yaitu di Missouri dan Claremore hingga Oklahoma.

Kepeduliannya terhadap pelanggan merupakan hal yang tidak bisa ditawar. Menurut pandangannya, dunia bisnis hanya mengenal satu bos; pelanggan! Pelangganlah yang dapat memecat setiap oarang diperusahaan-dari presiden direktur hingga office boy-hanya dengan cara menghabiskan uang mereka ditempat lain. Tidak hanya itu, Sam pun sangat memperhatikan para karyawannya.

Setelah go-publik pada tahun 1970, Sam juga memperkenalkan Profit Sharing Plan, sebuah rencana untuk karyawan Walmart agar dapat memperbaiki pendapatan mereka terlepas dari keuntungan toko. Sam Walton percaya bahwa jika bergerak secara individu maka kita tidak mungkin menang, tetapi jika bergerak sebagai team maka hal apapun bisa dimenangkan.

Saat itu para karyawan Walmart ditawarkan options saham dan diskon toko. Saat ini tawaran seperti itu sangat lumrah, Walmart adalah salah satu perusahaan yang pertama kali menerapkannya. Sam percaya bahwa karyawan yang bahagia berarti pelanggan yang bahagia dan tentu saja penjualan yang lebih besar.

Dengan memberikan bagian dari perusahaan kepada karyawan dan membuat kesuksesan mereka bergantung pada kesuksesan perusahaan, karyawan akan lebih peduli kepada perusahaan. Saat melakukan penawaran ke publik, Walmart memperoleh dana hingga 5 juta dollar yang dipergunakan untuk menyelesaikan pusat distribusi perusahaan pertama.

Setelah berhasil membangun 39 toko pada dasawarsa pertama, Walmart seakan tidak bisa dihentikan hingga terus membangun 452 toko pada tahun 70-an dan 1.237 gerai pada tahun 80-an. Dari tahun 1970 sampai tahun 1990, saham Walmart bukan hanya mengalahkan semua saham lainnya dipasar saham, tetapi juga mengalahkan impian paling gila dari mereka yang membelinya. Seratus lembar saham yang dibeli pada tahun 1970 seharga 1.650 dolar, nilainya menjadi 2,6 juta dolar pada tahun 1992.

Tapi tidak semuanya selalu berjalan mulus,Walmart tersandung embargo minyak arab yang menyebabkan harga energi melambung. Hal ini mengubah caranya menjalankan bisnis. Sesudah krisis minyak, gerai Walmart hanya dibangun dalam jarak dua belas jam bermobil dari pusat distribusi terdekat. Karena lokasinya berkelompok, maka toko bisa dipasok secara efisien untuk mengurangi efek keseluruhan dari kenaikan harga bensin.

Baca juga : Cara-cara Nyentrik Untuk Mencapai Kesuksesan Ala Richard Branson

Bahkan Walmart melakukan hal yang berbeda dengan mulai membangun gudang raksasa disuatu daerah kemudian membangun toko-toko di sekelilingnya. Tidak berhenti sebatas embargo minyak, Walmart pun sempat beberapa kali tersangkut masalah hukum ; mulai dari rendahnya pendapatan asuransi karyawan, pertentangan perwakilan buruh hingga kritik kelompok kewanitaan dan persatuan buruh khususnya seputar banyaknya produk-produk yang bersumber dari luar negri. Namun Sam dan Walmartnya, melewati semua itu dengan sukses.

Melalui sebuah komitmen akan kerja keras, integritas serta inovasi, Sam Walton-anak petani pengantar koran dan pemerah susu ini, sukses membangun jaringan supermarkat di AS hingga 15 pasar internasional. Walmart telah menjadi bagian gaya hidup di Argentina, Brasil, Kanada, Chili, Cina, Kosta Rika, El Salvador, Guatemala, Honduras, India, Jepang, Meksiko, Nikaragua, Puerto Rico dan Inggris. Saat ini, cabang-cabangnya telah berkembang menjadi lebih dari 5.000 toko dengan penjualan hampir mencapai hampir 300 milyar dollar dan menjadi perusahaan retail terbesar di dunia.

Sumber: Majalah Elshinta

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Para Miliader Yang Mencapai Kesuksesan Diatas Usia 30 Tahun

Image by : Google Images Inilah Para Miliader Yang Mencapai Kesuksesan Diatas Usia 30 Tahun. Sebenarnya untuk menjadi orang yang sukses itu bukan dilihat dari latar belakangnya dan juga tidak memandang usia. Siapapun Anda dan juga berapapun usia Anda, jika mempunyai komitmen untuk  sukses, berjuang dan bekerja keras tak kenal lelah, maka Anda akan mencapai kesuksesan yang selama ini Anda dambakan. Dan untuk mencapai sebuah kesuksesan Anda harus punya prinsip yaitu tidak ada kata terlambat untuk memulai langkah awal demi sebuah kesuksesan. Jadi jika Anda pada saat ini dalam usia berapapun, jika mempunyai keinginan yang kuat untuk meraih kesuksesan, maka Anda harus segera action. Karena peluang untuk sukses itu masih terbuka lebar sampai kapanpun juga, selama Anda masih mau berusaha dalam sisa hidup yang masih diberikan. Artikel lain :  Sakichi Toyoda Kesuksesan Di Balik Toyota Yang Berawal Dari Mesin Pintal Cerita atau sukses orang-orang yang telah berhasil mencapai ke

4 Tahapan Dalam Perkembangan Sebuah Blog Baru Menjadi Blog Yang Besar

Image by : http://purnamaseo.blogspot.co.id 4 Tahapan Dalam Perkembangan Sebuah Blog Baru Menjadi Blog Yang Besar. Mungkin Anda pernah mendengar atau membaca kisah seorang blogger yang sukses memperoleh puluhan dolar, ratusan dolar bahkan sampai bisa memperoleh ribuan dolar dalam setiap bulannya hanya dari sebuah blog yang dikelolanya ? Saya sendiri juga mengakui bahwa sampai saat ini menekuni dunia blogging adalah ingin meraih kesuksesan seperti para blogger yang sudah lebih dulu menekuni dunia blogging dan sukses :) Jika memang Anda juga ingin sukses dalam dunia blogging, artikel kali ini mungkin bisa menambah wawasan Anda yang ingin memperoleh penghasilan dari kegiatan blogging. Mungkin diatara Anda ada yang sudah lama menekuni dunia blogging, tetapi sampai saat ini masih belum bisa memperoleh berpenghasilan dari blog yang Anda kelola, mungkin juga Anda merasa putus asa dan ingin berhenti ditengah jalan. Saran saya teruskanlah perjuangan Anda jangan menyerah karena sudah ba

Tips-Tips Sederhana Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Meraih Kesuksesan Yang Besar

Sumber Gambar : http://www.wajibbaca.com Tips-Tips Sederhana Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Meraih Kesuksesan Yang Besar. Pasti kita semua sudah mengetahui berbagai macam tips dan trik tentang bagaimana kita bisa mencapai sebuah tujuan. seperti contohnya dalam hal keuangan setiap kita pasti sudah mempunyai cara-cara masing-masing untuk mencapai sebuah tujuan. Artikel lain :  Rahasia Jalan Menuju Kebahagiaan Dan Keberhasilan Dalam Hidup Kebanyakan orang untuk mencapai impiannya mereka umumnya bekerja keras sampai pada tujuan yang di impikan. tapi perlu kita ketahui bahwa untuk mencapai kesuksesan kita juga bisa mempraktekan cara-cara yang sederhana seperti yang telah dilakukan oleh orang-orang yang sukses yang ternyata mereka hanya menerapkan tips-tips sederhana dalam kesehariannya. Dibawah ini akan dibahas beberapa tips sederhana untuk mencapai kesuksesan, jadi teruslah membaca : #1. Bekerja Cerdas Tips sederhana supaya kita bisa mencapai kesuksesan yang selama ini dii