Skip to main content

Jangan Padamkan Keyakinanmu! Pelajaran Bisnis Dari Founder Blogger.com Evan Williams

Jangan Padamkan Keyakinanmu! Pelajaran Bisnis Dari Founder Blogger.com Evan Williams
Sumber gambar dari flickr.com
Jangan Padamkan Keyakinanmu! Pelajaran Bisnis Dari Founder Blogger.com Evan Williams. Tulisan ini dikutip dari blog maxmanroe.com. Mungkin Anda pernah mendengar kisah pembuatan bola lampu? Ya.. itulah kisah perjuangan seorang Thomas Alva Edison yang pantang menyerah, kisah tersebut mungkin sudah sering kita dengar. Kisah itu sangat menarik, hingga sekarang kisah penciptaan bola lampu tersebut menjadi referensi ketika kita mau mempelajari arti sebuah keyakinan dan perjuangan.

Dalam kisah tersebut Thomas dengan semangatnya yang tinggi pada akhirnya bisa menemukan atau membuat teknologi lampu pijar dimana pada zaman tersebut adalah sebuah penemuan besar. Bukan hasil akhir yang mesti kita lihat, tapi proses perjuangan dibaliknya. Untuk membuat sebuah bola lampu yang bisa menyala, Thomas mengalami ratusan kali gagal. Jika pada saat itu thomas menyerah pada percobaan yang 2 dari yang terakhir mungkin dunia pada saat ini tidak bisa berkembang sebesar sekarang.

Artikel lain : Ketiga Orang Sahabat Ini Bangun YouTube di Garasi

Semangat seperti Thomas lah yang dicoba untuk dipertahankan oleh fouder platform blogging, blogger, Evan Williams. Siapa yang menyangka Blogger yang sekarang sudah diakuisisi oleh Google dan mengalami perkembangan yang sangat pesat, dulunya sempat hampir mau gantung diri karena tidak sanggup untuk mempertahankannya. Jadi pelajaran bisnis apa yang bisa kita ambil? Bacalah kisah singkatnya berikut ini, teruskanlah membaca.

Sekilas Tentang Platform Blogging Blogger.com
Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kegiatan blogging telah berkembang dengan pesat bahkan menjadi sumber penghasilan bagi sebagian orang. Dari konsep menulis sebuah tulisan yang bebas secara online, blogging telah berubah menjadi sebagai gaya hidup hingga menjadi kebutuhan di era digital seperti saat ini.

Blogger.com adalah salah satu pelopor platform blogging yang populer yang bisa kita gunakan dengan gratis. Setelah dikembangkan selama bertahun-tahun, dengan konsep pendanaan mandiri dan dengan dukungan dari sponsor, diawal-awal perkembangannya, blogger memang terlihat sangat menjanjikan sebagai buktinya grafik blogger selalu mengalami peningkatan dari tahun ketahun baik dari peningkatan penggunanya maupun kapasitas layanannya.

Tapi bukan berarti perusahaan yang didirikan oleh Evan Williams tersebut tidak mendapatkan tantangan dan rintangan. Pada tahun 2000 an blogger mendapatkan masalah yang cukup serius.

Sempat Dipandang Kurang Menguntungkan

Dari pertumbuhannya blogger memang cukup besar dari segi jumlah penggunanya yang terus mengalami peningkatan. Namun tidak demikian dengan potensi keuangan perusahaan itu

Pada tahun 2000 menjadi titik nadir perusahaan sebab mengalami masalah keuangan yang cukup parah. Kala itu, Blogger yang bejalan dengan biaya dari investor harus menerima kenyataan bahwa sistem open sourcenya  yang sedang berjalan dipandang tidak lagi menguntungkan oleh para investor. Sebagai pemilik perusahaan Evan Williams saat itu menerima pukulan berat untuk menyelamtkan perusahaannya tersebut ia harus memutar otak.

Dengan label ‘’burnout’’ atau tak lagi mempunyai cukup biaya untuk operasional yang disematkan dipundaknya, Evan sempat merasa ini adalah akhir dari perjuangan mengembangkan Blogger. Krisis tersebut juga telah disampaikan kepada seluruh pekerja Blogger yang pada saat itu belum sebesar seperti sekarang ini dibawah asuhan Google.

Kenyataan pahit ini harus diterima oleh Evan karena hanya tinggal satu investor lagi yakni O’Rilley, yang mau menyimpan dananya untuk pertumbuhan Blogger. Akibatnya, mengurangi karyawan menjadi pilihan satu-satunya bagi Evan, sebelumnya ia telah mengatakan kepada karyawannya yang masih bekerja akan berhenti selama beberapa waktu sebelum perusahaannya kembali mendapatkan cukup biaya.

Saat itulah Evan berpikir bahwa ini bukanlah akhir dari perjuangannya mengembangkan Blogger. Ia mempunyai keyakinan bahwa apa yang selama ini ia usahakan masih bisa dilanjutkan. Bahkan seandainya saja semua karyawannya meninggalkan dirinya, ia akan terus membangun Blogger sendirian walau bagaimanapun caranya.

Meminta-minta Menjadi Pilihan Yang Berat

Tahun 2001, muncul sebuah pemikiran yang sebenarnya sangat berat untuk dijalankan oleh Evan. Yaitu dengan menjalankan server drive, konsepnnya sederhana yakni menghimpun dana dari para pengguna blogger supaya dengan suka rela memberikan sumbangan untuk mempertahankan keberlangsungan platform populer tersebut

Namun untuk Evan dan karyawannya yang masih setia, pilihan ini tidak ubahnya seperti mengemis kepada para pengguna Blogger. Karena tidak ada lagi pilihan yang lain, pil pahit tersebut nyatanya tetap harus ditelan olehnya.

Sesaat setelah pengumuman tersebut dikeluarkan, tak disangka ternyata banyak sekali para pengguna blogger dan juga pihak yang simpatik yang ingin membantu. Pada akhirnya terkumpullah dana sebesar US$14.000 yang bisa digunakan oleh Evan untuk menyambung nafas perusahannya.

Baca juga : Kenapa Bill Gates Mampu Bertahan Dalam Posisi Puncak Orang Terkaya Dunia

Dana tersebut lalu digunakan untuk membeli beberapa server atau layanan Blogger agar tetap optimal. Manajemen keuangan disusun lagi dan lebih dirampingkan. Evan dengan timnya tidak berhenti menyuntikan inovasi supaya Blogger terus dapat berjalan maju.


Hasilnya, setelah berdarah-darah selama 2 tahun, Blogger bisa kembali tersenyum. Selain volume pengguna dan layanan yang terus meningkat, dari sisi finansial perusahaanpun berangsur kian kuat. Pada tahun 2002, roda nasib berputar. Blogger yang dua tahun lalu hampir gulung tikar kini justru banjir tawaran kerjasama. Hingga puncaknya ketika Blogger dipinang oleh Google hingga berkembang pesat seperti saat ini. Be Inspired!

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Para Miliader Yang Mencapai Kesuksesan Diatas Usia 30 Tahun

Image by : Google Images Inilah Para Miliader Yang Mencapai Kesuksesan Diatas Usia 30 Tahun. Sebenarnya untuk menjadi orang yang sukses itu bukan dilihat dari latar belakangnya dan juga tidak memandang usia. Siapapun Anda dan juga berapapun usia Anda, jika mempunyai komitmen untuk  sukses, berjuang dan bekerja keras tak kenal lelah, maka Anda akan mencapai kesuksesan yang selama ini Anda dambakan. Dan untuk mencapai sebuah kesuksesan Anda harus punya prinsip yaitu tidak ada kata terlambat untuk memulai langkah awal demi sebuah kesuksesan. Jadi jika Anda pada saat ini dalam usia berapapun, jika mempunyai keinginan yang kuat untuk meraih kesuksesan, maka Anda harus segera action. Karena peluang untuk sukses itu masih terbuka lebar sampai kapanpun juga, selama Anda masih mau berusaha dalam sisa hidup yang masih diberikan. Artikel lain :  Sakichi Toyoda Kesuksesan Di Balik Toyota Yang Berawal Dari Mesin Pintal Cerita atau sukses orang-orang yang telah berhasil mencapai ke

4 Tahapan Dalam Perkembangan Sebuah Blog Baru Menjadi Blog Yang Besar

Image by : http://purnamaseo.blogspot.co.id 4 Tahapan Dalam Perkembangan Sebuah Blog Baru Menjadi Blog Yang Besar. Mungkin Anda pernah mendengar atau membaca kisah seorang blogger yang sukses memperoleh puluhan dolar, ratusan dolar bahkan sampai bisa memperoleh ribuan dolar dalam setiap bulannya hanya dari sebuah blog yang dikelolanya ? Saya sendiri juga mengakui bahwa sampai saat ini menekuni dunia blogging adalah ingin meraih kesuksesan seperti para blogger yang sudah lebih dulu menekuni dunia blogging dan sukses :) Jika memang Anda juga ingin sukses dalam dunia blogging, artikel kali ini mungkin bisa menambah wawasan Anda yang ingin memperoleh penghasilan dari kegiatan blogging. Mungkin diatara Anda ada yang sudah lama menekuni dunia blogging, tetapi sampai saat ini masih belum bisa memperoleh berpenghasilan dari blog yang Anda kelola, mungkin juga Anda merasa putus asa dan ingin berhenti ditengah jalan. Saran saya teruskanlah perjuangan Anda jangan menyerah karena sudah ba

Tips-Tips Sederhana Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Meraih Kesuksesan Yang Besar

Sumber Gambar : http://www.wajibbaca.com Tips-Tips Sederhana Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Meraih Kesuksesan Yang Besar. Pasti kita semua sudah mengetahui berbagai macam tips dan trik tentang bagaimana kita bisa mencapai sebuah tujuan. seperti contohnya dalam hal keuangan setiap kita pasti sudah mempunyai cara-cara masing-masing untuk mencapai sebuah tujuan. Artikel lain :  Rahasia Jalan Menuju Kebahagiaan Dan Keberhasilan Dalam Hidup Kebanyakan orang untuk mencapai impiannya mereka umumnya bekerja keras sampai pada tujuan yang di impikan. tapi perlu kita ketahui bahwa untuk mencapai kesuksesan kita juga bisa mempraktekan cara-cara yang sederhana seperti yang telah dilakukan oleh orang-orang yang sukses yang ternyata mereka hanya menerapkan tips-tips sederhana dalam kesehariannya. Dibawah ini akan dibahas beberapa tips sederhana untuk mencapai kesuksesan, jadi teruslah membaca : #1. Bekerja Cerdas Tips sederhana supaya kita bisa mencapai kesuksesan yang selama ini dii