Skip to main content

Sakichi Toyoda Kesuksesan Di Balik Toyota Yang Berawal Dari Mesin Pintal

Sakichi Toyoda Kesuksesan Di Balik Toyota  Yang Berawal Dari Mesin Pintal
Image by : Google Images
Sakichi Toyoda Kesuksesan Di Balik Toyota  Yang Berawal Dari Mesin Pintal. Jika Anda melihat Toyota kelas premium seperti Toyota Celica, Alphard, Camry, hingga kelas masal. Anda boleh angkat jempol karena ternyata teknologi tersebuat buah ide seorang anak tukang kayu miskin, Sakichi Toyoda, dari rancangan alat tenun (pintal) otomatis. dan inovasinya ini menjadi cikal bakal kelahiran Toyota Motor Company. Raksasa otomotif Jepang yang sukses berintervensi ke penjuru dunia. 

Toyota tak saja nomor satu dinegara asalnya jepang, bahkan merambah kepasar otomotif Eropa, Amerika, Afrika, Australia dan mendominasi Asia termasuk Indonesia. Keberhasilan Toyota tak lepas dari usaha kerja keras serta inovasi, yang dimulai dari industri tekstil sebuah pabrik pemintal benang. Berkat ketekunan bocah kecil, Saikichi Toyoda, lahir Februari 1867 di Shizouka, Jepang, yang belajar ilmu pertukangan kayu dari ayahnya.

Artikel lain : Kenapa Bill Gates Mampu Bertahan Dalam Posisi Puncak Orang Terkaya Dunia

Saikichi kecil juga dikenal sebagai anak yang cerdas dan kreatif. Saat industri tenun berkembang dinegara asalnya, yaitu wilayah pertanian di pinggiran Nagoya, Jepang. Pada tahun 1894 ia membuat sebuah mesin tenun yang lebih murah namun dapat bekerja lebih baik dari mesin tenun yang sudah ada. Walau Toyoda merasa sudah puas dengan hasil temuannya tersebut, namun Toyoda muda seakan tidak pernah berhenti untuk melalukan pembaharuan. Hingga ia berupaya menciptakan alat tenun bertenaga mesin. Namun karena kurangnya sumber tenaga untuk penggerak mesin, maka Toyoda belajar lebih dahulu tentang mesin uap, melalui membeli mesin uap bekas, dan mencobanya berkali-kali secara trial error hingga berhasil.

Dalam upaya menyempurnakan mesin pintal, tanpa bantuan pihak ketiga. Toyoda berhasil mengembangkan varian dari sistem flying shuttle yang merupakan hasil penemuan 150 tahun sebelumnya di Lancashire, Inggris. Dalam jangka waktu 35 tahun, penyempurnaan kecil terus-menerus dilakukan terhadap temuan pertamanya itu, membuat Toyoda mampu menyalip kepemimpinan teknologi Eropa selama 150 tahun dengan penemuan mesin pintal fully automatic pertama didunia. Hingga akhirnya ia berhasil medirikan Toyoda Automatic Loom Work pada November 1926. Namun akhirnya hak paten mesin pintal yang dapat berhenti sendiri jika ada benang yang lepas atau putus ini dijual ke Platt Brothers, manufaktur tekstil terkemuka Lancashire, Inggris.

Penyerahan Kekuasaan

Dari hasil penjualan tersebut Sakichi menggunakannya untuk menjadi modal pengembangan divisi otomotif. Awal tujuannya bukan untuk mengembangkan bisnis. Melainkan memberi kesempatan sang anak untuk melakukan sesuatu yang besar dalam hidupnya! Dimana dia ingin anaknya mempunyai kesempatan membuat kontribusi kepada umat manusia, sama halnya dengan kesempatan istimewa yang dia alami dalam memberi kontribusi melalui mesin tenun. Selanjutnya ia mengirim Kiichiro untuk sekolah di Tokyo Imperial University, mengambil jurusan tehnik mesin dengan fokus kepada teknologi mesin.

Bagi Toyoda setiap orang perlu mengambil satu proyek besar dalam hidupnya maka mulai tahun 1933 ketika Toyoda membangun divisi otomotif itulah saatnya sang anak menjadi penerusnya. Dimana kemudian diserahkan kepada anaknya Kiichiro Toyoda yang juga tiada henti menghasilkan inovasi-inovasi dalam bidang otomotif di zanannya. Dimuali dengan mesin tipe A yang berhasil dirampungkan pada 1934. Setahun kemudian mesin ini digunakan ke prototipe pertama mobil berpenumpang mereka. Divisi otomotif Toyoda juga menghasilkan truk model G1. Ditahun 1936 mereka meluncurkan mobil penumpang pertama mereka, Toyoda AA (kala itu masih menggunakan nama Toyoda).

Model ini dikembanhakan dari prototipe model A1 dan dilengkapi bodi dan mesin A. kendaraan ini dari awal digunakan mobil rakyat. Konsep produk yang terus dipegang Toyota hingga sekarang. Setelah empat tahun berjalan, divisi ini merasa cukup untuk melahirkan perusahaan otomotif sendiri dan melepaskan diri dari industri tekstil mereka. Kemudian tahun 1937  menjadi era penting bagi kelahiran Toyota Motor Co cikal bakal raksasa Toyota Motor Corp saat ini. Karena pada tahun ini mereka meresmikan memakai nama Toyota, bukan Toyoda.

Namun semangat inovasi keluarga Toyoda tidak pernah redup. Toyota berkembang menjadi penghasil kendaraan tangguh pada era tahun 1940-an. Toyota saat ini sibuk mengembangkan permodalan termasuk memasukan perusahaan ini dilantai bursa tokyo, Osaka dan Nagoya. Setelah era Perang Dunia ll berakhir, tahun 1950-an merupakan pembuktian Toyota sebagai penghasil kendaraan serba guna tangguh. Waktu itu kendaraan Jeep akrab di Jepang. Terinspirasi dari mobil ini, Toyota kemudian mengembangkan prototipe Land Cruiser yang keluar pada tahun 1950. Setahun kemudian meluncurkan secara resmi model awal Land Cruiser yakni model BJ.

Tak lama berselang, Toyota Land Cruiser mulai menandingi dominasi Jeep Willys. Bahkan dengan model-model selanjutnya, Toyota Land Cruiser bisa diterima di pasar yang kala itu sulit ditembus yakni Amerika Utara. Lewat model ini, Toyota masuk ke pasar-pasar di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia yang dikenal sebagai Toyota Hardtop Land Cruiser. Mereka juga mengembangkan model yang menjadi favorit dunia, yaitu sedan kecil.

Lewat Corolla yang memulai debutnya pada tahun 1966, sedan mungil generasi awal ini yang memakai penggerek belakang mengubah tatanan sedan bongsor yang populer saat itu menuju arah sedan kecil yang kompak, irit dan ringkas. Memasuki tahun 1975, Corolla masuk dalam generasi ketiga dan terjual lebih dari 5 juta unit. Hal yang menakjubkan ini masih kokoh hingga sekarang. Mesin mobil Corolla ini kemudian digunakan di Indonesia sebagai mesin untuk kendaraan niaga keluarga serbaguna, Toyota Kijang generasi awal. Bahkan pada tahun 1980-an Toyota melakukan kesepakatan bersejarah dengan GM tepatnya pada tahun 1983 untuk bersama-sama memproduksi mobil compact di pabrik GM di Fremont.

Menjelang tahun 1990-an Toyota semakin membuktikan bahwa mobil jepang mampu bersaing dengan mobil buatan Eropa dan Amerika. Selain buah dari kerja keras Sakichi Toyoda yang kemudian di teruskan oleh Kiichoro yang bersama sepupunya yaitu Eiji Toyoda yang membawa Toyota seperti sekarang ini. Toyota bersaudara ini bahkan membawa perusahaan mereka kesebuah rekor pada tahun 1984. Toyota menjual penjualan tertinggi sepanjang masa sekitar 1,7 juta mobil di Jepang dan jumlah yang sama di luar negri. Keuntungan memuncak pada $ 2,1 triyun untuk tahun fiskal yang berakhir 31 Maret 1985.

Baca juga : William Edward Boeing Pedagang Kayu Rakit Ribuan Boeing

Sementara performa ini pastinya akan membuat nama Toyota tertulis dalam buku sejarah otomotif, Toyota mungkin akan lebih baik diingat untuk gaya manajemen yang khas yang telah disalin oleh ratusan perusahaan Jepang dan mendapatkan penerimaan yang terus tumbuh di Amerika Serikat. Selain telah lama menjadi best seller di Tanah Air, ekspansi Toyota juga merambah benua lain seperti As, Australia, Eropa, hingga Afrika. Sejauh ini strategi global yang terencana dalam bidang produksi telah membuat industri otomotif ini memiliki 46 pabrik yang tersebar di 26 negara.

Dalam banyak hal keberhasilan samurai otomotif Jepang untuk tetap berkibar sebagai kampiun adalah penerapan sistem SDM-nya yang efektif dan efisien, serta memiliki loyalitas tinggi dan komitmen kuat terhadap kualitas. Sehingga akan membuat Toyota mampu mencapai target mereka pada tahun 2010 yang lalu nutuk merebut 15% pasar global. Dengan kondisi GM yang mengalami penurunan pangsa pasar dan terus mengalami kemerosotan, bukan tidak mungkin hal ini akan menempatkan Toyota di singgasana perusahaan otomotif terbesar di dunia.


Sumber: Majalah Elshinta

Popular posts from this blog

Inilah Para Miliader Yang Mencapai Kesuksesan Diatas Usia 30 Tahun

Image by : Google Images Inilah Para Miliader Yang Mencapai Kesuksesan Diatas Usia 30 Tahun. Sebenarnya untuk menjadi orang yang sukses itu bukan dilihat dari latar belakangnya dan juga tidak memandang usia. Siapapun Anda dan juga berapapun usia Anda, jika mempunyai komitmen untuk  sukses, berjuang dan bekerja keras tak kenal lelah, maka Anda akan mencapai kesuksesan yang selama ini Anda dambakan. Dan untuk mencapai sebuah kesuksesan Anda harus punya prinsip yaitu tidak ada kata terlambat untuk memulai langkah awal demi sebuah kesuksesan. Jadi jika Anda pada saat ini dalam usia berapapun, jika mempunyai keinginan yang kuat untuk meraih kesuksesan, maka Anda harus segera action. Karena peluang untuk sukses itu masih terbuka lebar sampai kapanpun juga, selama Anda masih mau berusaha dalam sisa hidup yang masih diberikan. Artikel lain :  Sakichi Toyoda Kesuksesan Di Balik Toyota Yang Berawal Dari Mesin Pintal Cerita atau sukses orang-orang yang telah berhasil mencapai ke

4 Tahapan Dalam Perkembangan Sebuah Blog Baru Menjadi Blog Yang Besar

Image by : http://purnamaseo.blogspot.co.id 4 Tahapan Dalam Perkembangan Sebuah Blog Baru Menjadi Blog Yang Besar. Mungkin Anda pernah mendengar atau membaca kisah seorang blogger yang sukses memperoleh puluhan dolar, ratusan dolar bahkan sampai bisa memperoleh ribuan dolar dalam setiap bulannya hanya dari sebuah blog yang dikelolanya ? Saya sendiri juga mengakui bahwa sampai saat ini menekuni dunia blogging adalah ingin meraih kesuksesan seperti para blogger yang sudah lebih dulu menekuni dunia blogging dan sukses :) Jika memang Anda juga ingin sukses dalam dunia blogging, artikel kali ini mungkin bisa menambah wawasan Anda yang ingin memperoleh penghasilan dari kegiatan blogging. Mungkin diatara Anda ada yang sudah lama menekuni dunia blogging, tetapi sampai saat ini masih belum bisa memperoleh berpenghasilan dari blog yang Anda kelola, mungkin juga Anda merasa putus asa dan ingin berhenti ditengah jalan. Saran saya teruskanlah perjuangan Anda jangan menyerah karena sudah ba

Tips-Tips Sederhana Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Meraih Kesuksesan Yang Besar

Sumber Gambar : http://www.wajibbaca.com Tips-Tips Sederhana Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Meraih Kesuksesan Yang Besar. Pasti kita semua sudah mengetahui berbagai macam tips dan trik tentang bagaimana kita bisa mencapai sebuah tujuan. seperti contohnya dalam hal keuangan setiap kita pasti sudah mempunyai cara-cara masing-masing untuk mencapai sebuah tujuan. Artikel lain :  Rahasia Jalan Menuju Kebahagiaan Dan Keberhasilan Dalam Hidup Kebanyakan orang untuk mencapai impiannya mereka umumnya bekerja keras sampai pada tujuan yang di impikan. tapi perlu kita ketahui bahwa untuk mencapai kesuksesan kita juga bisa mempraktekan cara-cara yang sederhana seperti yang telah dilakukan oleh orang-orang yang sukses yang ternyata mereka hanya menerapkan tips-tips sederhana dalam kesehariannya. Dibawah ini akan dibahas beberapa tips sederhana untuk mencapai kesuksesan, jadi teruslah membaca : #1. Bekerja Cerdas Tips sederhana supaya kita bisa mencapai kesuksesan yang selama ini dii